Aflikasi Raport Kurikulum 2013

Pelaksanaan Kurikulum 2013(K13) yang secara serempak mulai diberlakukan pada tahun pelajaran 2014/2015. Salah satu aspek yang mengalami perubahan dari kurikulum sebelumnya adalah format penilaian dalam Raport siswa.

Dalam Raport K13 diantaranya mensyaratkan nilai deskripsi untuk tiap-tiap mata pelajaran dengan penilaian meliputi asfek pengetahuan (KI 4), Keterampilan (K 3) dan Sosial Keagamaan (KI 1,2). Dalam prakteknya dilapangan para guru menjadi sangat masygul mengingat menulis raport lengkap dengan deskripsinya bukan merupakan hal yang mudah, ditambah jumlah siswa perkelas masih ada yang berjumlah diatas 40 siswa, walhasil banyak guru yang merasa pesimistis akan sanggup menyelesaikan raport K13.

Menyikapi hal itu tim IT SMP Fullday mencoba membuat inovasi sederhana dengan membuat aflikasi raport K13 berbasis excel yang hasil;nya sudah diujicobakan pada pelaksanaan UTS dengan hasil cukup memuaskan. Aflikasi tersebut bisa diaflikasikan  tingkat SMP.

Menurut para guru yang menggunakan aflikasi tersebut merasa sangat terbantu karena dalam aflikasi ini guru hanya cukup diminta mengisi nilai angka dengan range 10-100 yang secara otomotis dikonversi oleh mesin menjadi nilai range 1-4 lengkap dengan nilai kualitatif dan deskripsinya lengkap.

Untuk para guru atau sekolah yang sampai saat ini masih kebingungan dengan aflikasi raport K13 tim IT SMP Fullday Al-Muhajirin siap berbagi. ABG2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *